Bagaimana Cara Menulis di Website?

 

cara menulis di website

Sekedar berbagi, bagi sekolah yang sudah memiliki website, silakan dimaksimalkan fungsinya agar tidak sekedar muncul alamat website dengan tampilan antar muka saja. Tidak sekedar sekolah punya web karena tuntutan saja. Jadi untuk mengisi website perlu perencanaan penulisan yang matang. Mesin google adalah mesin yang cerdas. Penulisan Website ada kaidah-kaidah tertentu agar tulisan kita mudah ditemukan dan tidak menjadi sampah.

Berikut tips dan tata cara menulis di website yang bisa dipedomani. Tips dan tata cara penulisan artikel di website ini berdasarkan pengalaman saya membangun dan menulis di website dari tahun 2011.

Tata cara menulis di website

Tata cara penulisan ini akan menjadikan tulisan anda banyak ditemukan orang. Beberapa hal di bawah ini perlu menjadi perhatian

1.       Penulisan Judul

Upayakan menulis judul yang membuat orang penasaran dengan tetap memperhatikan kaidah penulisan. Misal pemakaian huruf kapital dan huruf kecil. Judul jangan terlalu panjang atau pendek. Biasanya saya membuat judul terdiri dari 5 kata. Judul harus memuat kata kunci yang kita bidik

2.       Penulisan isi atau content

Content berupa paragraf demi paragraf. Kembangkan paragraf dengan memperhatikan 5w dan 1h. What, who, when, who , where dan how.

Paragraf pertama harus berkaitan dengan paragraf sesudahnya untuk menghasilkan inter koherensi/kesinambungan.

3.       Pemuatan gambar

Untuk mengapload gambar pastikan gambar berukuran web dan terkompres kisaran 150 kb. Pastikan rename gambar sesuai dengan judul atau isi tulisan. Misal: Pelaksanaan Upacara Hari Senin Image. Gambar bisa disisipkan di awal atau di tengah paragraf.

4.       Banyaknya kata

Mesin google mengindeks kata-kata yang tertulis dalam artikel. Jadi jangan berharap bisa diindeks bila paragraf kita hanya sepanjang judul bahkan lebih pendek dari judul. Satu artikel setidaknya memuat 300 kata.

5.       Membidik kata kunci.

Mesin google berkaitan dengan kata kunci. Pastikan tulisan anda memuat kata kunci. Misalnya kita membidik kata kunci SDN Jenggawur, maka dalam tulisan anda mengandung gabungan kata atau frasa tersebut 2 atau 3 saja frasa.

6.       Kebermanfaatan

Salah satu diantara yang penting dari tulisan kita adalah kebermanfaatan tulisan kita untuk pengunjung. Semakin bermanfaat tulisan kita maka google akan menempatkan tulisan kita di posisi atas penelusuran. Jangan harap bisa ditemukan bila tulisan kita tidak bisa ditemukan di halaman awal bahkan halaman buncit.

(Tulisan ini memuat 352 kata)

Tulisan asli dari: Balchi, S.Pd

LihatTutupKomentar